Email Address

info@relung.or.id

Phone Number

+62 851-7544-2708

Our Location

Sleman, Yogyakarta 55573

Menumbuhkan Kesadaran Pengelolaan Sampah Plastik di Petungkriyono

Gerakan Iklim

Pencemaran sampah plastik merupakan permasalahan lingkungan yang bukan hanya sering terjadi di kota-kota besar, namun kini telah menjangkau di desa-desa, salah satunya di wilayah Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan.

Sampah di Petungkriyono

Sebagian besar masyarakat Petungkriyono tidak mengelola sampah rumah tangganya dengan baik, bahkan hanya dibuang begitu saja di aliran sungai. Peningkatan jumlah penduduk dan gaya hidup modern di pedesaan telah menghasilkan banyak sampah plastik dan menjadi penyebab utama permasalahan ini. Wilayah Kecamatan Petungkriyono terletak di pegunungan dan menjadi salah satu sumber mata air penting bagi Kabupaten Pekalongan. Oleh karena itu, apabila pencemaran sampah plastik terjadi di wilayah pegunungan ini, maka dapat berdampak pada kualitas air di wilayah yang berada di bawahnya. Hal ini menunjukkan betapa seriusnya masalah ini dalam sektor lingkungan hidup.

Sehingga diperlukan tindakan konkret di lapangan untuk menginspirasi kesadaran masyarakat dan mengubah perilaku terkait pengelolaan sampah plastik. Sebagai bentuk tanggung jawab sosial & lingkungan, Yayasan Relung Indonesia telah melakukan berbagai program pemberdayaan masyarakat di Kecamatan Petungkriyono, salah satunya adalah kampanye untuk mengurangi sampah plastik di Desa Tlogopakis.

Langkah Relung

Melalui program pendampingan, Yayasan Relung Indonesia mengajak masyarakat di Kecamatan Petungkriyono khususnya generasi muda, untuk mengelola sampah dengan baik dan mengurangi sampah plastik yang mencemari lingkungan. Relung Indonesia menginisiasi sebuah gerakan bernama “laskar muda pemburu plastik“. Pendampingan ini dilakukan dengan cara memberikan edukasi, pelatihan, serta bantuan teknis kepada masyarakat. Harapannya, ke depan akan ada kesadaran kolektif tentang pentingnya menjaga kelestarian bumi melalui tindakan sederhana, seperti membersihkan sampah plastik di lingkungan sekitar kita.

Program pendampingan yang dilakukan oleh Yayasan Relung Indonesia tidak hanya membantu masyarakat di Kecamatan Petungkriyono untuk mengatasi permasalahan pencemaran sampah plastik, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup mereka. Dengan mengurangi sampah plastik yang mencemari lingkungan, Kecamatan Petungkriyono menjadi lebih bersih dan sehat, dan masyarakat menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

Jika Anda tertarik untuk mendukung program pendampingan Yayasan Resiliensi Lingkungan dalam mengatasi permasalahan pencemaran sampah plastik di Kecamatan Petungkriyono, Anda dapat menghubungi kami melalui website resmi kami di www.relungindonesia.org Mari bersama-sama menjaga lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Petungkriyono!

“Di mana pun kamu tinggal, kemungkinan besar, sampah adalah masalah besar. Lebih dari sembilan miliar ton sampah berakhir di lautan setiap tahun, dan sampah yang berakhir di luar TPA sering kali mengganggu ekosistem alam dan satwa liar.”

-Anonim

Tags :
Gerakan Iklim
Share This :

Contact Info

Newsletter

Jaga lingkungan bersama Relung Indonesia Foundation! Dapatkan informasi terkini seputar kehutanan dan lingkungan di Indonesia.

Relung Indonesia Foundation

Copyright © 2023. All rights reserved.